Tugu Kujang Pusaka di Kampung Naga

Tugu Kujang Pusaka
Tugu Kujang Pusaka

Tugu Kujang Pusaka berada di kawasan Kampung Naga, Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Bangunan tugu tersebut selain menjadi yang terbesar juga jadi lambang kuatnya budaya Sunda yang ada di Jawa Barat.

Kujang merupakan senjata tradisional masyarakat Jawa Barat warisan dari leluhur zaman dulu yang menjadi kebanggaan orang Sunda. Hinga saat ini lambang kujang dijadikan sebagai simbol pemerintahan Jawa Barat.

Tinggi Tugu Kujang Pusaka diperkirakan mencapai 3 meter. Kujang raksasa tersebut ditopang oleh sebuah bangunan persegiempat yang terbuat dari beton.

Kujang raksasa tersebut dibuat dan ditempa oleh 40 empu yang biasa membuat kujang. Yang membuat kujang tersebut istimewa adalah karena bahan baku pembuatannya berasal dari leburan senjata pusaka yang dimiliki 900 Raja Sunda dan Raja Nusantara yaitu Prabu Sri Pamekas yang memerintah tahun 1338 M dan Prabu Surya Amiluhur yang memerintah tahun 1248 M.

Senjata Kujang memiliki makna yang sangat berarti bagi masyarakat Sunda. Senjata kujang pada zaman dulu merupakan senjata khas dan menjadi andalan suku Sunda dalam memperkuat dan mempertahankan diri saat bertempur melawan musuh.

Pendirian Tugu Kujang di Kampung Naga memiliki dua elemen yang sangat penting, yaitu untuk melambangkan betapa kuatnya budaya Sunda yang ada di Jawa Barat dengan semangatnya yang membara.

Selain itu, Tugu Kujang juga melambangkan betapa tingginya penghargaan masyarakat kepada Kampung Naga yang saat ini menjadi tempat wisata andalan Tasikmalaya.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar