Cara Mudah Pindah Faskes Satu BPJS Kesehatan Lewat HP

Cara Pindah Faskes Satu BPJS Kesehatan
 Cara Pindah Faskes Satu BPJS Kesehatan.


Cara Mudah Pindah Faskes Satu BPJS Kesehatan Lewat HP - Siapa yang punya BPJS tapi jarang dipakai, bahkan untuk perawatan gigi? Mungkin karena lokasi faskes (fasilitas kesehatan) satu terlalu jauh atau pelayanannya kurang cocok. Kabar baiknya, kita bisa memindahkan faskes satu BPJS Kesehatan hanya dengan menggunakan HP!


Apa Itu Faskes Satu?


Faskes satu atau fasilitas kesehatan tingkat pertama adalah tempat pertama yang harus kita datangi jika ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan. Faskes satu bisa berupa Puskesmas, klinik pratama, atau praktik pribadi dokter.


Dokter umum dan dokter gigi umum bertugas di faskes satu. Semua penyakit, kecuali yang sifatnya darurat, harus ditangani di faskes satu terlebih dahulu. Jika faskes satu bisa menangani penyakit tersebut, tindakan langsung akan dilakukan. Namun, jika tidak, pasien akan dirujuk ke dokter spesialis di rumah sakit.


Contohnya, jika kalian datang ke faskes satu untuk memeriksakan gigi dan dokter menyarankan pencabutan sisa akar gigi, tindakan ini bisa langsung dilakukan di faskes satu. Tetapi, jika kalian memiliki keluhan gigi bungsu yang harus dicabut (odontektomi), maka kalian akan dirujuk ke dokter gigi spesialis bedah mulut di rumah sakit.


Jadi, faskes satu sangat penting karena semua keluhan kesehatan pasien harus melalui faskes ini terlebih dahulu, baik untuk perawatan langsung maupun rujukan.


Bagaimana Cara Memilih Faskes Satu yang Tepat?


Pilihlah faskes satu yang mudah diakses dan nyaman. Jika lokasi faskes satu saat ini kurang nyaman, kalian bisa memindahkannya dengan langkah-langkah berikut:


1. Download Aplikasi Mobile JKN  

 Unduh aplikasi Mobile JKN di HP kalian dan lakukan login menggunakan data diri serta password.


2. Pilih Menu Perubahan Data Peserta  

Setelah masuk, pilih menu "Perubahan Data Peserta." Scroll ke bawah hingga menemukan informasi mengenai lokasi faskes satu saat ini.


3. Pindah Lokasi Faskes Satu  

Klik pada informasi lokasi faskes satu saat ini, lalu pilih menu perubahan faskes satu.


4. Pilih Provinsi dan Kota  

Kamu bisa memilih provinsi dan kota tujuan faskes baru, termasuk di luar domisili. Setelah itu, pilih lokasi faskes satu yang diinginkan. Faskes yang muncul paling atas biasanya yang terdekat dengan lokasi saat ini. Perhatikan juga jenis faskesnya, apakah itu Puskesmas, klinik pratama, atau dokter pribadi.


5. Simpan Perubahan  

Setelah memilih faskes satu yang baru, klik "Simpan." Namun, perlu diingat bahwa perubahan ini hanya bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali dan faskes satu yang baru akan aktif di awal bulan berikutnya. Misalnya, jika perubahan dilakukan di bulan September, maka faskes baru bisa digunakan mulai 1 Oktober.


Mudah, bukan? 


Dengan memahami cara kerja faskes satu dan proses pemindahannya, kalian bisa memaksimalkan penggunaan BPJS Kesehatan dengan lebih efisien. Jangan ragu untuk memindahkan faskes jika merasa kurang nyaman dengan yang saat ini.


Semoga informasi ini bermanfaat dan kalian bisa mendapatkan layanan kesehatan yang terbaik!

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar