Cara Update Formulir Info Pajak Amerika Serikat di Google Adsense

Cara Update Formulir Info Pajak Amerika Serikat di Google Adsense


Cara Update Formulir Info Pajak Amerika untuk Google Adsense - Baru-baru ini, banyak YouTuber dan Blogger menerima email pemberitahuan dari Google Adsense bahwa formulir pajak Amerika Serikat mereka akan segera habis masa berlakunya pada akhir tahun 2024.


Hal ini menandakan bahwa setiap konten kreator yang memonetisasi channel dan blognya melalui Adsense perlu segera memperbarui informasi pajak mereka agar tetap mematuhi peraturan yang berlaku. 


Jika kalian adalah salah satu dari mereka, jangan khawatir. Mengisi ulang formulir pajak ini sebenarnya bukanlah proses yang rumit, tetapi sangat penting untuk dilakukan.


Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kalian mendapatkan potongan pajak yang sesuai dan menghindari pemotongan pajak yang lebih besar dari pendapatan kalian, terutama yang berasal dari penonton dan pembaca di Amerika Serikat.


Mengapa Harus Memperbarui Formulir Pajak Amerika Serikat?

Seperti yang pernah dilakukan pada tahun 2021, kita sebagai Youtuber dan Blogger sebelumnya telah mengirimkan formulir pajak Amerika Serikat. Setiap formulir memiliki masa berlaku, dan formulir yang diisi pada tahun 2021 akan berakhir pada Desember 2024. Oleh karena itu, penting untuk segera memperbarui agar tidak terlupa.


Apa Dampaknya Jika Tidak Mengirim Formulir Terbaru?

Mengirim formulir pajak ini bertujuan agar potongan pajak yang dikenakan lebih kecil, terutama bagi pembaca atau penonton yang berasal dari Amerika Serikat. Jika formulir tidak diperbarui, potongan pajak akan sebesar 24% dari total pendapatan, tidak hanya dari penonton Amerika, tapi juga dari seluruh dunia.


Apakah Perlu NPWP?

Jika memiliki NPWP, pastikan untuk mencantumkannya karena akan mengurangi potongan pajak menjadi sekitar 10% dari penonton Amerika. Namun, jika formulir dikirim tanpa NPWP, potongan pajak yang dikenakan adalah 30%. NPWP ini sifatnya opsional, tetapi memberikan manfaat pajak lebih rendah.


Cara Mengisi dan Mengirim Ulang Informasi Pajak Amerika Serikat


1. Masuk ke Akun Google Adsense

Login ke akun Google Adsense kalian. Klik ikon tiga garis di pojok kiri atas, lalu scroll ke bawah dan pilih menu "Pembayaran." Setelah itu, pilih "Informasi Pembayaran."

   

2. Pilih Pengaturan YouTube

Di bagian akun pembayaran, klik tanda panah kecil, lalu pilih "YouTube." Scroll ke bagian bawah dan pilih menu "Kelola Pengaturan."


3. Kelola Informasi Pajak

Klik ikon pensil di bagian informasi pajak Amerika Serikat dan pilih "Tampilkan Detail dan Dokumen Pajak." Kemudian, klik "Kirim Formulir Baru" untuk memulai proses pengisian.


4. Isi Formulir Pajak

  • Jenis Akun: Pilih "Individu."
  • Status Warga Negara: Pilih "Tidak," karena kita orang Indonesia.
  • Jenis Formulir: Pilih "Formulir W8-BEN" untuk individu.
  • Identitas Pajak: Pastikan nama lengkap sesuai KTP dan dokumen resmi lainnya. Untuk kolom "DBA" bisa diabaikan. Pilih negara kewarganegaraan "Indonesia."
  • Nomor Identifikasi Pajak: Jika memiliki NPWP, isi dengan nomor NPWP. Jika tidak, bisa diabaikan.


5. Alamat

Isi alamat lengkap, sesuai dengan KTP atau tempat tinggal saat ini. Jika alamat surat berbeda dari alamat tinggal, jangan centang opsi "Alamat sama dengan tempat tinggal" dan masukkan alamat baru.


6. Perjanjian Pajak

  • Jika tidak menggunakan NPWP, pilih "Tidak." 
  • Jika menggunakan NPWP, pilih "Ya," dan pilih negara "Indonesia" dalam perjanjian pajak. Ini akan memberikan potongan pajak lebih rendah.


7. Pengaturan Pemotongan Pajak

  • Royalti Hak Cipta: Pilih pasal yang tersedia dan tingkat potongan 10%.
  • Layanan Bisnis: Pilih pasal dan tingkat potongan 0% jika menggunakan NPWP.
  • Film dan Royalti TV: Pilih pasal dan tingkat potongan 10%.


8. Konfirmasi Kesalahan

Jika muncul notifikasi kesalahan (tulisan merah), periksa kembali jawaban kalian. Jika ingin potongan pajak terendah, pastikan NPWP sudah terisi dengan benar.


9. Aktivitas di Amerika Serikat

Pilih "Tidak" untuk aktivitas dan layanan yang dilakukan di Amerika Serikat.


10. Pengaturan Pengiriman Tanpa Kertas

Pilih opsi untuk menerima dokumen via email agar lebih efisien. Jika membutuhkan dokumen fisik, centang opsi pengiriman melalui surat.


11. Tinjau dan Serahkan

Periksa semua data yang telah diisi. Jika sudah benar, centang dan lanjutkan ke bagian tanda tangan digital. Pastikan nama lengkap sesuai dengan dokumen resmi.


Tanda Formulir Pajak Telah Berhasil Dikirim


  1. Status pembayaran di Google Adsense akan menunjukkan "Disetujui" dengan tanggal pengiriman terbaru.
  2. Kalian juga akan menerima email konfirmasi dari Google Payments bahwa informasi pajak telah di-approve.


Dengan langkah-langkah di atas, kalian bisa memastikan pengisian formulir pajak Amerika Serikat berjalan lancar dan mendapatkan manfaat pajak yang lebih rendah.

Terima kasih atas kunjungannya, silakan tinggalkan jejak di kolom komentar